SteelSeries Rival 500, Mouse Gamer Terbaik. Ini Reviewnya

Mouse Terbaik Untuk Game MOBA/MMO? Cek Review SteelSeries Rival 500!
Untuk dapat memenangkan ketatnya sebuah kompetisi bermain game, seorang gamer tentunya butuh dukungan perangkat gaming yang berkualitas. Seperti contoh soal mouse, gamer butuh mouse yang memang khusus untuk gaming.
Berbicara mengenai mouse gaming berkualitas, kebetulan di tempat tim Sport Tech baru mampir sebuah mouse gaming dari merek yang ternama. Mouse gaming itu adalah SteelSeries Rival 500. Seperti apa ya mouse-nya? Yuk, simak ulasannya!

Review Mouse Gaming SteelSeries Rival 500

Mouse gaming SteelSeries Rival 500 termasuk dalam kelas menengah ke atas. Untuk mendapatkan produk ini, kamu perlu merogoh kocek kisaran Rp 950 ribuan. Dikatakan bahwa mouse ini adalah yang terbaik untuk game MOBA/MMO.
Apakah klaim tersebut benar? Mari kita buktikan bersama-sama dalam ulasan Tim Sport Tech berikut.

1. Desain

foto-jalantikus-rival5001
foto-jalantikus-rival5002
foto-jalantikus-rival5003
foto-jalantikus-rival5004
Secara desain karena Tim Sport Tech biasa mempergunakan mouse dengan tangan kanan, terus terang sangat nyaman sekali. Bahkan saya rasa jauh lebih nyaman ini daripada kakaknya Rival 700. Alasannya karena punya penyangga jempol.
Pada bagian penyangga jempolnya, terdapat switch di bawahnya. Di mana apabila kamu butuh tombol Macro lebih banyak, kamu bisa nyalakan dan ubah penyangga jempolnya menjadi tombol macro.
Bagian palm-nya sangat lembut, mempergunakan bahan karet yang bagus. Ditambah lagi sudah dilengkapi dengan lampu iluminasi RGB, membuat tampilannya menjadi semakin keren. Over-all tampak kokoh dan sangat baik.
Untuk spesifikasi lebih lengkap terkait desain, kamu bisa membacanya pada bagan berikut ini.
DetilSpesifikasi
MaterialPlastik, Finishing Karet Matte
DesainErgonomis Tangan Kanan
Grip StylePalm, Claw dan Fingertip
Jumlah Tombol15 Buah
MTBF30 Juta Kali Klik
Berat129 Gram
Dimensi118.75mm(P) x 78.34mm(L) x 43.34mm(T)
Panjang Kabel2 Meter

2. Sensor

foto-jalantikus-rival5005
foto-jalantikus-rival5006
Mouse gaming SteelSeries Rival 500 masih belum memakai sensor laser. Tapi sejauh tim Sport Tech memakai mouse ini, terus terang tingkat akuratnya sangat luar biasa baik. Apalagi kalau untuk memainkan game-game FPS.
Melalui software dukungannya, yaitu SteelSeries Engine 3. Kamu bisa melakukan pengaturan mulai dari CPI, Pooling Rate, Akselarasi, Deselerasi hingga Angle Snapping. Kamu hanya perlu sesuaikan dengan game yang akan dimainkan.
tim Sport Tech mencoba untuk bermain game seperti Battlefield 1. Dan terus terang, enak sekali. Saat mengeker musuh menjadi benar-benar akurat. Tapi kamu harus sesuaikan konfigurasinya terlebih dahulu ya. Nggak susah kok.
Untuk spesifikasi lebih lengkap terkait sensor, kamu bisa membacanya pada bagan berikut ini.
DetilSpesifikasi
Nama SensorPixArt PMW3360
Tipe SensorOptical
CPI (Counts Per Inch)100 to 16,000
IPS (Inches Per Second)300
Akselerasi50g
Akselerasi Hardware0
Pooling Rate1ms (1000Hz)
Tracking Accuracy1:1

3. Fitur

3.1 Tactile Alert

foto-jalantikus-rival5008
Fitur yang pertama kali tim Sport Tech ingin bahas, yaitu adalah Tacticle Alert. Fitur ini memungkinkan mouse gaming SteelSeries Rival 500 untuk bergetar apabila terjadi sesuatu di dalam game.
Menarik namun sayang, fitur ini hanya berfungsi untuk game CS:GO, Dota 2 dan Minecraft. Di mana untuk game konsol seperti Playstation 4, gamepad-nya bisa bergetar untuk semua game. Padahal fitur ini menurut tim Sport Tech sangat bagus sekali.

3.2 Tombol Macro

foto-jalantikus-rival5009
Terdapat 15 tombol ditambah dengan scroll up dan down, semuanya bisa dikustomisasi. Sangat bagus untuk game MOBA/MMO yang membutuhkan banyak shortcut. Dengan ini, kamu bisa melakukan segalanya jauh lebih ringkas.
Tombolnya banyak dan semua bisa dikustomisasi. Inilah yang membuat mouse gaming ini dikatakan terbaik untuk game MOBA/MMO. Meski begitu, kamu tetap bisa mendapatkan keunggulannya dengan game lain kok.

3.3 Custom Name Plate Dan Lampu RGB

foto-jalantikus-rival50010
Di bagian belakang bawah pada mouse ini, kamu akan menemukan name plate Rival berbahan karet warna hitam. Ini bisa dilepas dan diganti dengan buatan kamu.
Mouse ini sudah dilengkapi dengan lampu iluminasi RGB. Membuat kamu bisa mencocokan warnanya dengan perangkat PC kamu yang lain. Misal nih case PC kamu warna hijau, kamu bisa buat lampu mouse ini berwarna hijau juga agar serasi.

3.4 Daftar Lengkap Fitur

  • Gamesense Support
  • Tactile Alert Customization
  • SteelSeries Engine Support: SSE3
  • Multiple CPI Options
  • Programmable Buttons
  • Onboard Profile Storage
  • Acceleration Customization
  • Deceleration Customization
  • Color Options: 16.8 Million
  • Printable 3-D Nameplate / Download 3D Files

4. Kesimpulan

Apabila tim Sport Tech diminta untuk memberikan nilai pada mouse gaming SteelSeries Rival 500 ini, tim Sport Tech akan berikan nilai 9 dari 10. Alasannya terus terang karena memang sangat nyaman sekali, baik untuk bermain game FPS, MOBA, MMO dan lainnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Software, Driver, dan Firmware

Hebat, 6 Mobil yang Pernah Dibuat oleh Anak Indonesia

7 Game Offline Android Terbaik 2017